Media
Pembelajaran
Pengertian Media Pembelajaran
Menurut Para Ahli
- Media berasal dari kata “Medium”, yang berasal dari bahasa latin
“Medium” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian
media ini
mengarah pada sesuatu yang menjadi penghantar untuk meneruskan suatu informasi
dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Pengertian Media Pembelajaran
- Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu
informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran
yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru. Media
Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.
Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 11)
Banyak batasan-batasan yang diberikan dalam memberikan pengertian media. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan atau Association of Education and Communication Technology (AECT) membatasi media sebagai saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Batasan yang lain juga diberikan oleh Asosiasi pendidikan Nasional atau Education Association (NEA) yang membatasi media merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun Audio-Visual serta peralatannya serta media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat didengar, dilihat dan dibaca. (Sadiman. Media Pendidilkan Pengertian, Pengembanagn dan Pemanfaatan. Jakarta : CV. Raja Wali .1984. Hlm 6)
Beberapa
ahli telah memberikan batasan mengenai pengertian media, yaitu
antara lain:
a)
Hamalik
menyatakan bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan teknik yang digunakan
dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan
siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik. Media
Pendidikan. Bandung : Sinar Baru. 1994. Hlm 12)
b)
Danim
menyatakan bahwa media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau
pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi
dengan siswa dengan peserta didik. (Sudarman, Danim. Media Komunikasi
Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara,. 1995. Hlm 97)
c)
Wildbur
schraman menyebutkan bahwa media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat
dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.
d)
Lislie.
J. Briggs menjelaskan bahwa media adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi
atau isi pengajaran, seperti buku, film, slide dan lain-lain. (Soetomo.
Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. 1993. Hlm
197)
e)
Heinich
dkk mengatakan bahwa medium sebagai perantara mengantarkan informasi antara
sumber dan penerima pesan. (Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja grafindo
Persada. 2002. Hlm 4)
Dari
pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa Media pembelajaran adalah media yang digunakan
dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana
pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai
penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili
guru menyajiakan informasi belajar kepada siswa. Jika program media itu
didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan
oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.
Dalam aspek
media pembelajaran sejarah, terdapat 12 jenis yang dapat digunakan dalam
kegiatan pembelajaran setiap jenis media pembelajaran memiliki kekurangan dan
kelebihannya masing-masing. Media pembelajaran tersebut antara lain yaitu :
1. Peninggalan Sejarah
Peninggalan
sejarah merupakan salah satu sumber sejarah. Menurut Moh Ali, yang dimaksud
sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta
berguna bagi penelitian sejarah sejak zaman purba sampai sekarang.
Pemanfaatan peninggalan sejarah :
a)
Merawat dan menjaga benda-benda
peninggalan sejarah.
b)
Mengunjungi tempat-tempat peninggalaln
sejarah seperti candi, makam pahlawan, monumen dan lain-lain.
c)
Menggunakan benda-benda peninggalan
sejarah secara benar,
Kelebihan penggunaan media peninggalan sejarah:
a) Dapat
mengetahui benda aslinya
b)
Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu
karya sejarah
c)
Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu
peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah.
Kekurangan penggunaan media peninggalan sejarah:
a)
Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan
kepada siswa
b)
Membutuhkan biaya untuk bisa melihatnya
c)
Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara
keseluruhan
d)
Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan.
2.
Model /
Tiruan
Model
adalah tiruan tiga dimensi dari beberapa objek nyata yang terlalu besar,
terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang dan terlalu rumit
untuk dibawa ke dalam kelas dalam wujud aslinya.
Cara
pembuatan model atau tiruan patung:
Alat dan bahan
a)
Balok kayu
b)
Gergaji
c)
Pensil
d)
Amplas
e)
Cat
Langkah-langkah
a)
Siapkan balok kayu sesuai ukuran yang
kita inginkan dan pindahkan gambar/pola di atas permukaan balok kayu.
b)
Lakukan pemotongan dengan gergaji dari 4
sisi, pembentukan sedikit demi sedikit hingga mendekati bentuk global.
c)
Buatlah bentuk global,bandingkan dengan
gambar/pola/gagasan dengan amplas supaya halus.
d)
Lanjutkan dengan membuat bentuk ujung
lebih detail/sempurna dan haluskan dengan amplas lagi.
e)
Difirising dengan menggunakan cat
akritik/melaminPemanfaatan media Model/tiruan
Pemanfaatan MediaModel/Tiruan :
a)
Untuk menggantikan obyek yang terlalu besar
b)
Untuk lebih mempermudah proses belajar-mengajar
Kelebihan penggunaan media model/tiruan:
a)
Dapat menunjukkan objek secara utuh baik
kontruksi maupun cara kerjanya
b)
Penyajian
secara konkrit dan menghindari verbalisme
c)
dapat
memperlihatkan struktur organisasi secara jelas
d)
Bisa dibawa dan dimasukkan kedalam kelas
Kekurangan penggunaan media model/tiruan:
a)
Tidak dapat disamakan persis dengan benda aslinya
b)
Sulit membayangkan secara tepat ukuran sesungguhnya
c)
Untuk membuat alat peraga ini
membutuhkan biaya yang besar
d)
Anak tuna
netra sulit untuk membandingkannya
3.
Museum
Museum adalah sebuah lembaga yang rumah dan peduli untuk
koleksi artefak dan benda-benda lain yang penting ilmiah, seni, atau sejarah
dan membuat mereka tersedia untuk dilihat publik melalui pameran yang mungkin
permanen atau sementara. Bagi dunia pendidikan,terutama dalam
pembelajaran sejarah,keberadaan museum menjadi sangat penting karena koleksi-koleksi
yang dimiliki dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang muncul dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan sejarah,baik sejarah
alam,flora fauna maupun sejarah peradaban dan budaya.
Pemanfaatan
media Museum:
Siswa
diajak berkunjung ke museum, tujuannya adalah untuk mengamati objek yang
dipamerkannya. Selama di museum, diharapkan pikiran mereka bekerja dan objek
pameran yang diamatinya dapat menjadi alat belajar. Observasi siswa di museum
merupakan batu loncatan bagi munculnya gagasan dan ide baru, karena di sini
mereka dirangsang untuk menggunakan kemampuan berfikir kritisnya. Beberapa
kemampuan belajar siswa tersebut, menurut Takai dan Cornor,1998) mencakup:
a) membandingkan
dan membedakan, pengenal persamaan dan perbedaaan objek
b) mengidentifikasi
dan mengklasifikasi, mengenal dan mengelompokkan benda pada kelompok yang
semestinya
c) menyampaikan
deskripsi secara verbal atau tulisan objek yang ditampilkannya
d) meramalkan
apa yang akan Terjadi dan
e) menyimpulkan,
mempresentasikan kesimpulan informasi yang dikumpulkan dalam laporan singkat
dan padat.
Kelebihan penggunaan media museum:
a) Harga
tiket masuk yang murah
b) Adanya
berbagai macam variasi objek di museum yang lengkap
c) Fasilitas
yang disediakan lengkap
d)
Ruangan museum bersih dan sejuk
Kekurangan penggunaan media museum:
a)
Obyek Tidak dapat dipegang
b)
Obyek terkadang hanya tiruan
4.
Ruang
Sejarah / Laboratorium
Laboratorium
Sejarah merupakan suatu media pembelajaran sejarah yang efektif karena di dalam
Lab. Sejarah peserta didik dapat mengadakan pembelajaran sejarah, kajian
ilmiah, persentasi, diskusi, praktikum dan lain-lain.
Pemanfaatan Ruang Sejarah/
Laboratorium:
a)
Penyusunan jadwal pelajaran di laboratorium
b)
Kondisi ruangan laboratorium dirancang lebih menarik
c)
Alat – alat peraga dirawat dengan baik
Kelebihan penggunaan media Ruang sejarah/Laboratorium:
a)
Peserta didik dapat berganti situasi baru
b)
Peserta didik dapat menggunakan alat peraga yang
lengkap
c)
Peserta didik dapat bereksperimen
Kekurangan penggunaan media Ruang sejarah/Laboratorium:
a)
Peserta didik harus selalu berhati-hati
b)
Waktu yang terbatas
5.
Media Grafis
: Peta, Bagan
Grafis
tergolong jenis media visual, yang menyalurkan pesan lewat symbol-simbol
visual. Grafis juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran,
dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya
dijelaskan melalui penjelasan verbal saja.
Pemanfaatan Media Grafis:
a) Untuk
lebih mempermudah proses belajar-mengajar
b) Untuk
memebuat pelajaran lebih menarik
Kelebihan penggunaan media grafis:
a) Dapat
menyampaikan rangkuman
b) Mampu
mengatasi keterbatasan waktu
c) Menghemat
waktu dan tenaga guru
d) Gambar
dapat menarik perhatian siswa
Kekurangan penggunaan media grafis:
a)
Pesan dan materi terlalu singkat tidak ada detailnya
b)
Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar
6.
Media cetak
: buku, cerpen , roman
Teknologi
cetak adalah cara –cara untuk memproduksi atau menyabarkan materi, seperti buku
dan materi visual statis, yang pada umumnya dilakukan melalui proses cetak mekanis
atau fotografis. Teknologi cetak merupakan teknologi yang pertama kali
dimanfaatkan oleh banyak orang, karena karkteristik, keunggulan dan pemanfaatan
yang mudah dilakukan.
Pemanfaatan media cetak :
Media cetak khususnya modul
merupakan media utama yang digunakan dalam pendidikan. Beberapa hal yang perlu
diperatikan dalam pemanfaatan media cetak dalam pendidikan antara lain :
a) Pastikan bahwa semua modul dan media
cetak lain seperti foster, lembar kerja dll yang dibutuhkan untuk semua mata
pelajaran telah dirancang dan diproduksi sesuai dengan prinsip pengembangan
bahan belajar mandiri.
b) Pastikan bahwa modul – modul yang
dibutuhkan tersebut didistribusikan dengan baik keseluruh tutor dan peserta
didik sesuai dengan mata pelajaran yang diambilnya.
c) Pastikan para tutor telah
memahami semua modul sesuai dengan mata pelajaran yang dibinanya untuk
memudahkan memberikan bantuan konsultasi kepada peserta didiknya.
d) Beri kesimpulan kepada peserta didik
untuk mengukur keberhasilan belajarnya
(
ujian ) secara fleksibel sesuai dengan kepastian belajarnya masing – masing.
Pastikan peserta didik memperoleh umpan balik sesegera mungkin.
Kelebihan
penggunaan media cetak :
a) Mampu menyampaikan berbagai
informasi yang berkaitan dengan fakta maupun konsep abstrak yang bersifat
pengetahuan, keterampilan ataupun sikap.
b) Dapat digunakan kapan saja ( pagi
hari, siang hari, malam hari ) dan dimana saja ( seperti dirumah, dikendaaraan
umum, terminal atau tempat lain yang memungkinkan ).
c) Penggunaannya mudah, tidak
bergantung kepada peralatan lain. Kemasan media cetak umumnya ringan dan kecil
memungkinkan peserta didik yang mudah membawanya kemana saja mereka pergi.
d)
Selain
bentuk fisiknya mudah dibawa, penataan atau teknik penyajian materinya pun
mudah dipelajari. Misalnya, teknik penyajian seperti penulis indek, daftar isi,
penggunaan halaman, bab – bab, judul maupun sub judul.
Kekurangan
dari penggunaan media cetak:
a) Membosankan
b) Tidak disukai bagi siswa yang tidak
suka membaca
c) Terkadang terdapat kesalahan
pengetikan
7. Media
proyeksi: OHP, slide, film
Media
Proyeksi merupakan salah satu media yang terklasifikasi pada media visual.
Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera
penglihatan. Media ini langsung berinteraksi dengan pesan yang ingin disampaikan.
Masksud pesan disini tentu saja materi pelajaran yang akan disampaikan. Jadi
dengan media proyeksi, materi tersebut dapat terserap dengan baik.
Pemanfaatan media proyeksi:
media proyeksi sangat
membantu dan merupakan solusi yang tepat untuk dapat menghidupkan proses
pembelajaran
Kelebihan dari media proyeksi:
a) Dapat digunakan untuk menyajikan
pesan di semua ukuran ruangan kelas.
b) Menarik, karena memungkinkan
penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
c) Tatap muka dengan siswa selalu
terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d) Dapat digunakan berulang-ulang
e)
Membantu
menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan
dapat dipadukan dengan unsur suara.
f) Baik
untuk mengembangkan imajinasi siswa.
Kekurangan
dari media proyeksi:
a)
Kadangkala
terjadi distorsi gambar dan warna akibat kerusakan atau gangguan magnetik.
b)
Pembuatannya
memerlukan banyak waktu dan tenaga.
c)
Memerlukan
operator khusus untuk mengoperasikannya.
d)
Memerlukan
penggelapan ruangan
e)
Memerlukan
biaya yang boleh dikatakan besar.
f) Hanya dapat menyajikan gambar yang
diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah
proyektor.
8. Media
dengar / Audio: Radio, Tape Recorder
Menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) media
audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif
( pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan sisiwa sehingga terjadi proses belajar mengajar.
Pemanfaatan media Audio:
a) Pengajaran
bahasa asing
b) Pengajaran
melalui radio
Kelebihan
dari media dengar / Audio:
a) Sifatnya
mudah dipindahkan (mobile). Radio dapat di pindahkan dari suatu ruang ke ruang
lain dengan mudah.
b) Isi/
materi dapat di rekam dan di putar lagi sesuka kita
c) Radio
dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang di gunakan pada bunyinya
dan artinya.
d) Jangkauan
fleksibel
e) Relatif
murah, produksi materi juga murah
Kekurangan dari media dengar /
Audio:
a) Sifat
komunikasinya hanya satu arah (one way comunication)
b) Terikat
oleh waktu, dan bersifat sekali jalan, sehingga siswa sering meminta
pengulangan pemutaran
c) Tidak
ada gambar
d) Kurang
menarik
9. Media Audio visual :Slide Suara,
Film, Tv
Menurut Yudhi Munadi media audio
visual adalah “media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan
sekaligus dalam satu proses. Sifat pesan yang dapat disalurkan dapat berupa
pesan verbal dan non verbal yang terlihat layaknya media visual, juga pesan
verbal dan non verbal yang terdengar layaknya media audio.
Pemanfaatan
Media Audio Visual:
a)
Menjelaskan kepada siswa bagaimana
proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual.
b)
Menjelaskan kepada siswa tentang
manfaat menggunakan media audio visual dalam pembelajaran sehingga menimbulkan
semangat siswa untuk mengikuti selama pelajaran berlangsung.
c) Memutar video dan menyuruh siswa
untuk menyaksikan nya dengan seksama.
d) Meminta siswa untuk menyimpulkan
tentang video sejarah yang di saksikannya.
Langkah
–langkah pembuatan media Audio Visual:
a) Memberi penjelasan dan pengarahan
kepada siswa dalam menggunakan media pembelajaran audio visual.
b) Mempersiapkan apa saja yang di
butuhkan dalam menggunakan media audio visual. Seperti televisi, kaset, dan DVD
yang akan di putar.
Kelebihan
dari media Audio Visual:
a) Siswa dapat menyaksikan peristiwa
masa lampau
b) Pengetahuan siswa menjadi bertambah
dengan menyaksikan video tsb, karena selama ini hanya mengetahui sejarah dari
tulisan dan gambar.
c) Siswa dapat mencontoh semangat
Pahlawan dari video yang di saksikan.
Kekurangan dari media Audio Visual:
a) Mungkin ada beberapa siswa yang
pendengarannya kurang, atau yang penglihatannya kurang baik sehingga sulit
untuk menyaksikan atau mengikuti kisah dalam video tsb.
b) Karena media pembelajaran ini
menggunakan energy listrik, maka pelajaran tidak berlangsung dengan lancar.
Apabila lingkungan sekolah sulit listrik. Atau listrik nya mati saat pelajaran
sedang berlangsung.
10. Media Internet : Website, Blog
Pemanfaatan Media Internet:
a) Sebagai
media interaktif di luar kelas
b) Media
untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran
c) Sarana
untuk berdiskusi
Kelebihan
Media Internet :
a)
Peserta didik mudah mengaksesnya
b)
Internet memberikan sambungan
(konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi
tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
c)
Up to date, media online dapat melakukan
update (pembaharuan) suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu dan dimana
saja, tidak melulu menggunakan bantuan komputer, tetapi fasilitas teknologi
pada handphone (telepon genggam) atau lebih spesifik dengan kata smartphone
(telpon genggam yang telah memiliki fungsi setara komputer, ex: Android,
Symbian, WP, iOS, BlackBerry). Hal ini terjadi karena media online memiliki
proses penyajian informasi/berita yang lebih mudah dan sederhana.
d)
Praktis, media online terbilang praktis
karena kemudahan untuk mendapatkan berita dan informasinya, kapan saja bila
diinginkan media online dapat dibuka dan dibaca sejauh didukung oleh fasilitas
teknologi internet. Handphone yang memiliki fasilitas koneksi internet,
komputer yang memiliki sambungan internet baik di perkantoran atau di rumah,
dan dapat pula di warung internet (warnet) (Yunus, 2010:32-33).
e)
Akses informasi melalui internet lebih
cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku
di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita
inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
f) Dibandingkan
dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet
jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa
informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi
yang kita butuhkan.
Kekurangan Media Internet :
a) Kebenaran
artikel belum bisa dipertanggungjawabkan
b) Menimbulkan
ketergantungan siswa terhadap internet
c) Belum
bisa dijadikan acuan utama dalam karya tulis
d) Internet
bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs
tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justru
membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
e) Salah
satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko
terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.
11. Media
Multimedia
Pemanfatan media multimedia;
a) Mempermudah
proses belajar-mengajar
b) Untuk
membuat pelajaran lebih menarik
Kelebihan Media Multimedia :
a)
Menarik perhatian
b)
Meningkatkan kualitas penyampaian
informasi
c)
Sistem pembelajaran lebih inovatif dan
interaktif
d)
Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM
berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
e)
Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik,
animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga
tercapai tujuan pembelajaran.
f)
Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
g)
Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
h)
Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke
dalam lingkungan belajar
i)
Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
Kekurangan Media Multimedia :
a) Tuntutan
terhadap spesifikasi komputer yang memadai
b) Biaya
relative mahal untuk tahap awal
c) Kemampuan
SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
d) Belum
memadainya perhatian dari pemerintah
e)
Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu
12. Media Pelaku
Sejarah
Kelebihan
Media Pelaku Sejarah:
a)
Langsung kepada pelaku dan saksi
sejarah, sehingga mudah menggambarkan situasi
b)
Dapat diperoleh keterangan yang
sedalam-dalamnya
c)
Informasi yang diinginkan dapat
diperoleh dengan cepat
d)
Informasi yang diperoleh lebih
dipercayai kebenarannya
e)
Narasumber biasanya lebih bersedia
mengungkapkan keterangan-keterangan yang sebenarnya tidak ingin (enggan)
diberikannya
Kekurangan Media Pelaku Sejarah :
a) Memerlukan
waktu, tenaga, dan biaya yang lebih besar
b) Sangat
tergantung pada narasumber
c) Tidak
ada jaminan kebenaran
d) Bisa
saja keterangannya tidak lengkap
e) Sering
berbeda pendapat antar pelaku/ saksi sejarah
DAFTAR PUSTAKA
Basuki, Wibawa dkk. 1991/1992. Media Pengajaran.
Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
http://adri_pran.guru-indonesia.net/artikel_detail-25005.html
http://adri_pran.guru-indonesia.net/artikel_detail-25005.html
http://stitattaqwa.blogspot.com/2012/06/media-audio-sebagai-media-pembelajaran.html